Minggu, 29 Desember 2013

Manfaat Tanduk Rusa

Kegunaan tanduk rusa (velvet) dalam pengobatan juga terbukti secara saintifik dimana tanduk rusa (velvet) menggalakkan spermatogenesis dan pengeluaran testosterone, pengeluaran sel darah merah (erothrocyte) dan hemoglobin, meningkatkan kekuatan badan dan kecerdasan otak. 
Kerana pertumbuhannya yang cepat, maka bahan tanduk rusa ini dipercayai dapat meningkatkan pertumbuhan sel darah merah monoacetyldiglycerides yang merupakan komponen yang terdapat dalam tanduk, diyakini oleh para ilmuwan dapat merangsang penghasilan sumsum tulang dan sel-sel darah merah. Kajian beberapa tahun lalu juga menunjukkan, tanduk rusa ternyata juga dapat digunakan untuk menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi osteoporosis . Mungkin ini akibat kandungan glucosamine, chondroitin, dan kolagen yang begitu tinggi.
Khasiat Tanduk RusaDalam ilmu perobatan tradisional China (Traditional Chinese Medicine- TCM), kandungan yang terdapat dalam tanduk rusa dapat menjadi tonik menambah tenaga, memanaskan badan dan merawat sistem pembuluh darah. Para pakar TCM seringkali menggunakan tanduk rusa untuk meningkatkan jumlah darah, khususnya dalam menangani masaalah anemia yang lebih baik daripada perawatan kemoterapi. Karana pertumbuhannya yang cepat, maka tanduk rusa ini dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan sel darah merah Monoacetyldiglycerides yang merupakan komponen yang terdapat dalam tanduk, para saintis juga yakin bahawa tanduk rusa juga mampu merangsang pertumbuhan sumsum tulang dan sel darah merah. Dari hasil penelitian mengunakan tanduk rusa terbukti dapat menguatkan otot jantung, menstabilkan denyutan jantung dan mengatur  tekanan darah, bahkan penelitian juga terbukti tanduk rusa mampu mengobati osteoporosis (pengapuran  tulang). 
Pengaruhnya terhadap saluran darah jantung
Zat yang dikeluarkan oleh tanduk rusa dalam dosis  tinggi bisa menurunkan
tekanan darah, memulihkan pergerakan denyutan jantung, dan kepekatan darah, serta melebarkan saluran darah sekitar jantung. Dalam dosis biasa pula ia mampu menguatkan gerakan, menambah radius penyusutan jantung, kecepatan denyut, dan jumlah pengeluaran darah. 
Pada jantung yang lemah pula, daya penguatannya amat menjadi lebih sempurna. Juga memulihkan jantung yang deyutannya tidak rata. Tanduk rusa memperkuat dan mempercepat penyusutan jantung. Untuk penderita yang mengalami masaalah ganguan aliran darah yang kronik dan tekanan darah rendah tanduk rusa mampu memulihkan masaaalh ini. 
Menguatkan tubuh
Pantrocinum merupakan zat tonikum yang dapat meningkatkan kekuatan angota badan, megurangkan kelesuan dan keletihan otot, memulihkan selera makan dan memulihkan masaalah sukar tidur malam. 
Meningkatkan Nafsu Shahwat 
Banyak kalangan mempercayai bahwa tanduk rusa mengandung zat perangsang seks. 
Penyembuhan  Luka
Tanduk rusa dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka dan juga luka baru, patah tulang, serta baru mempengaruhi metabolisma unsur N dan karbohidrat. Tanduk rusa juga merangsang usus dan rahim serta memperkuat kemampuan ginjal dalam melancarkan kencing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar