Senin, 09 Juni 2014

TUGAS VI BAHASA INDONESIA : Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

       Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Pertumbuhan ekonomi dapat diukur dengan cara membandingkan, misalnya untuk ukuran nasional, Gross National Product (GNP), yaitu tahun yang sedang berjalan dengan tahun sebelumnya.


Setiap negara mengalami pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Pertumbuhan ekonomi di Indonesia mengalami penurunan. Tingkat inflasi diproyeksikan masih tinggi dan nilai tukar rupiah masih akan terus melemah. Hal itu disebabkan neraca perdagangan yang terus mengalami defisit. Sementara itu, pemerintah dan pihak swasta masih terbebani pada neraca pembayaran hutang jangka pendek. Menurunnya pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2014 disebabkan faktor nilai investasi dan manufaktur yang mengalami penurunan. Meski tingkat konsumsi terus tumbuh, hal itu tidak banyak membantu.

            International Monetery Fund (IMF) menyatakan tetap memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2014 sekitar 5,5 persen. Sebelumnya Bank Indonesia (BI) mengubah proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini dilevel 5,1-5,5 persen dari 5,5-5,9 persen. Diakui Benedict(2014), pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2014 sedang melambat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada kuartal I-2014 ini, pertumbuhan ekonomi hanya 5,21 persen dan pada periode yang sama tahun lalu tumbuh 5,62 persen. Hal ini disebabkan karena indikasi awal yang diperoleh melalui realisasi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) kuartal I tahun ini hanya mencapai 5,21 persen.

Daftar Pustaka :

http://www.amb-indonesie.fr/index.php?option=com_content&view=article&id=451%3Aindonesia-menargetkan-pertumbuhan-ekonomi-sebesar-6-pada-2014&lang=fr

http://id.wikipedia.org/wiki/Pertumbuhan_ekonomi

http://www.ugm.ac.id/id/berita/8558-ekonom.ugm:.tahun.2014.pertumbuhan.ekonomi.ri.menurun

http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/05/05/pertumbuhan-ekonomi-indonesia-mulai-melambat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar