Sabtu, 11 Mei 2013

Cimol !

Setelah membahas tentang salah satu jajanan tradisional Jawa Barat yaitu Cilok, ternyata masih ada jajanan sejenis lain yang tidak kalah asyiknya yaitu yang bernama Cimol. Kedua jajanan ini memang memiliki nama yang cukup mirip, bentuknya juga mirip dan bahan yang digunakan untuk membuatnya juga sama yaitu tepung kanji atau yang dalam bahasa Sunda yaitu Aci.

Sesuai dengan bahan yang digunakan Cimol ternyata memiliki kepanjangan dari aci digemol yang bisa diartikan sebagai tepung kanji yang dibulatkan. Walaupun memiliki nama dan bentuk yang mirip, perbedaan Cimol dan Cilok adalah cara memasaknya karena seperti yang kami bahas sebelumnya jika Cilok dimasak dengan cara direbus sedangkan Cimol dengan cara digoreng. Selain itu pada umumnya Cimol cara menyajikannya ditaburi dengan bumbu bubuk rasa keju, barbeque, balado, serbuk cabe dan lain-lain. 

Cimol memiliki rasa yang sangat gurih sehingga sangat disukai oleh masyarakat terutama anak-anak, selain itu ketika digigit juga kenyal yang membuatnya terasa lebih nikmat dan faktor inilah yang juga menjadi salah satu daya tarik dan ciri khas dari jajanan Cimol ini. 



Hampir sama dengan saudaranya yaitu cilok, untuk jajanan yang satu ini juga sering dijajakan oleh para pedagang kaki lima yang berkeliling dikampung-kampung, disekolah-sekolah, kampus dan juga beberapa tempat umum yang terdpat banyak orang. Selain itu Cimol juga tidak hanya ada di Jawa Barat saja, namun sudah tersebar luas dibeberapa daerah lainnya dan bisa kita dapatkan dengan harga yang terjangkau. Namun jika ada diantara anda yang ingin mencoba untuk membuat sendiri jajanan Cimol, pada artikel ini kami juga akan membahas tentang resep dan cara membuatnya. Jika tertarik bacalah yang berikut ini

Resep Membuat Cimol

1200 gram tepung sagu
12 sendok makan tepung beras
8 sendok makan tepung terigu
3 sendok kecil baking soda
Merica secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat
1. Siapkan wadah kemudian campurkan semua bahan yang tersebut diatas 
2. Tuangkan sedikit demi sedikit air panas secukupnya sambil diuleni dengan sendok, hingga adonan bisa dibentuk
3. Bentuklah bulat-bulat kecil adonan tersebut, kemudian gorenglah dengan api kecil hingga matang dan mengembang.
4. Sajikan dengan serbuk cabe atau bumbu serbuk rasa lainnya sesuai selera, atau mungkin juga bisa dengan saus.

Silahkan Dicoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar