Selasa, 07 Mei 2013

Resume untuk kelompok 3

Kali ini saya akan memberikan Tanggapan resume untuk kelompok 3 yang berjudul "Prilaku Produsen".
Produksi adalah Suatu Proses Usaha menciptakan kegunaan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan yang kita inginkan . 
dan orang yang menghasilkan barang atau jasa untuk dijual atau dipasarkan disebut produsen.
untuk dapat melakukan kegiatan produksi, seorang produsen membutuhkan faktor-faktor produksi. terdapat dua macam faktor produksi yang pertama yaitu faktor produksi asli dan yang kedua yaitu faktor produksi keturunan.
1. Faktor Produksi asli
Yang termasuk faktor produksi asli antara lain sebagai berikut :


  • Alam. Contohnya : tanah, air, udara, sinar matahari, tumbuh – tumbuhan, hewan, barang tambang.
  • Tenaga kerja. Tanpa adanya tenaga kerja, sumber daya alam yang tersedia tidak akan dapat dirubah atau diolah menjadi barang hasil produksi.
2. Faktor Produksi turunan
Yang dimaksud faktor produksi turunan antara lain keahlian dan modal.

Berikut Pertanyaan saya terhadap materi ini beserta jawabanya : 
Di indonesia ini Ribuan produsen memberikan jasa dan barang nya kepada masyarakat, yang saya pertanyakan adalah bagaimana pemerintah mengelola sumber daya alam kita agar lebih berguna untuk masyarakat indonesia?
Jawabanya jadi menurut saya peran yang paling penting yang pertama itu "Meningkatkan kualitas Sumber daya Manusia" karena jika kita dan pemerintah meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, maka itu akan memberikan kemudahan dan juga sangat membantu pemerintah khsusnya masyarakat guna untuk mengelola sumber daya alam kita supaya bisa lebih bermanfaat kepada kita semua. yang kedua yaitu "Membangun Infrastruktur yang Handal" jika kawasan pemukiman mempunyai sarana yang baik seperti air, transportasi yang memadai, tempat tinggal yang layak, drainasse yang handal serta pengelolaan persampaahan yang baik maka itu akan sangat membantu masyarakat guna untuk mengoptimalisasi SDA itu sendiri. yang ketiga yaitu "Mewujudkan pemerintahan yang Amanah" jika pemerintah memiliki sifat amanah atau dapat dipercaya dari lurah sampai pejabat negara. maka sudah akan dipastikan dapat mempercepat realisasi target untuk kedepannya. yang keempat yaitu "Mengelola sumber daya alam secara Optimal" jika pemerintah dan masyarakat dapat memanfaatkan semua sumber daya yang ada guna tidak menghancurkan lingkungan disekitarnya maka itu akan sangat membantu dalam perekonomian suatu masyarakat, dan yang kelima yaitu "Menumbuh-kembangkan Perekonomian Rakyat" yaitu dengan cara setiap pemerintah daerah membuat suatu kelompok usaha yang aktif untuk membantu perekonomian suatu masyarakat / desa tsb, serta kecamatan memiliki komoditas unggulan yang mendahyagunakan bibit/benih, teknologi produksi kemasan yang ungul dan pemasaran Produksi yang terjamin. sudah dipastikan dapat membantu meningkatkan pengembangan SDA itu sendiri. 
berikut tanggapan dari saya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar