Jumat, 03 Mei 2013

Kesalahan Kesalahan yang sering terjadi pada saat membuat Program


Hallo guys kali ini saya akan memposting tentang Kesalahan Kesalahan yang biasa nya programer awam sering lupa hhehe (salah satunya saya J ). Ketika kita buat sebuah program biasanya kita pasti asiik banget tuh mikirin langkah2 apa yang harus dikerjakan dan bagaimana logikanya berjalan tetapi kadang kita suka lupa tuh padahal ada hal2 yang kecil yang kalo kita ngga teliti bakal menjadikan program kita ngga berjalan sesuai harapan hehehe langsung aja guys kesalahan yang biasanya orang-orang dan khususnya saya sering alami :
1.       Lupa memberikan tanda titik koma atau semi colon ( ; ) diakhir kode.
·         Setiap mengetikan perinta pada suatu baris, maka diakhir baris tersebut kita harus mengetikan tanda titik koma atau semi colon tersebut. Hampir setiap bahasa pasti membutuhkan tanda titik koma pada akhir setiap barisnya, dan kita sebagai programer awam hehehe kadang kadang lupa untuk memberikan tanda tersebut (heheh kesalahan yang paling sering saya alami juga nih).
2.       Lupa memberikan tanda kurung kurawal tutup ( } ).
·         Ketika kalian membuat suatu kondisi menggunakan if atau membuat fungsi atau class, maka kita perlu membuat kurung kurawal buka dan kurung kurawal tutup. Ini sangat penting untuk mengetahui sampai mana saja isi dari sebuah fungsi, class atau suatu kondisi tersebut(kalau saya sering lupa 22nya kurung kurawal buka sama kurung kurawal tutup hahahaha T_T).
3.       Lupa memberikan syntax return kalo diC++
·         Ketika kita membuat program biasanya ada program yang harus memakai return agar program kembali seperti awal(saya malah suka salah posisi naro returnnya T_T).
4.       Lupa memberikan syntax end. Kalo dipascal
·         Ketika kita mengerjakan suatu program pada compiler pascal maka setiap program WAJIB dimenggunakan syntax end. Untuk menutup program supaya program tersebut berhenti berjalan sesuai yang diharapkan, terkadang dalam mengerjakan suatu kondisi seperti while if dll biasanya diakhir juga diberikan end, agar program berjalan sesuai harapan kita J.
5.       Lupa mengganti format directiories diC++
·         Ketika kita ingin membuat program pada c++ maka kita harus liat format directories program tersebut ingin dijalankan, kalo directories nya tidak sesuai yang diinginkan program tidak akan berjalan sesuai yang kita harapkan (nahh ini nihh pas pertama saya belajar c++ semester 4 program kesalahannya diinclude nya mulu, gataunya gara2 kesalahan directories doang T_T).

Nah diatas adalah kesalahan kesalahan yang biasanya programer awam sering terjadi, terutama saya sudah 3bulan belajar sering banget salah disitu T_T hehehe. Semoga bermanfaat yya guys. Semangat 45 dalam programming :P J o7 hahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar